Rabu, 19 Desember 2012

Kekuatan Pikiran

Hari ini kebetulan sekali banyak dapat pengalaman tentang keyakinan, perkataan, dan kekuatan pikiran. Hari ini aku menemani pacar yang menempuh Ujian Akhir atau lebih familiar dengan nama "Sidang". Cukup ikut deg degan karena butuh penantian dan kesabaran sampai akhirnya dia sampai pada proses akhir ini.

Ada empat orang yang menempuh ujian akhir hari ini. Tapi kebetulan yang selalu dekat dekat denganku hanya Pacar dan temanku si A. Dalam prosesnya, terlihat bahwa si A lebih menguasai materi ketimbang pacarku ini. Dan keduanya juga tidak menunjukkan raut wajah grogi atau ketakutan. Wajah mereka terlihat sangat sangat santai.

Proses sidang di kampusku ini berbeda dengan kampus lain. Ada empat dosen yang akan menguji setiap mahasiswa. Nah setiap dosen ini akan menguji mata kuliah yang berbeda beda. Setiap mahasiswa akan dipanggil oleh masing-masing dosen, sehingga ada empat sesi ujian.

Nah....perbedaan dimulai di sini. Si "A" setiap keluar ruangan selalu menceritakan proses ujian di dalam dengan penuh semangat, dan memang terlihat bahwa pada dasarnya dia lancar dalam ujian tadi. Tapi setiap aku tanya, "Kira-kira gimana hasilnya?", dia selalu bilang "Kayaknya ga lulus lho". Padahal yang aku lihat jawabannya benar. Oke....bandingkan dengan pacarku, setiap dia bercerita, banyak yang kurang tepat bahkan ada yang blank, tapi tetap lancar, hanya setiap ditanya jawabannya selalu " Insyaallah pasti bisa lah...".

Saatnya pengumuman. Sekali lagi..sebelum pengumuman, pacarku bilang "Lulus lah. Pasti", dan si A bilang "Kayaknya engga deh". Dan benar...hasilnya sesuai yang diucapkan masing-masing. Padahal secara penguasaan materi...sekali lagi si A lebih baik ketimbang pacarku. Tapi.....hasilnya sesuai dengan apa yang mereka pikir dan katakan.

Beda cerita.....ini terjadi sama diri aku sendiri. Jadi sudah satu bulan ini aku ikut tes kerja. Sudah melewati 3 tahap. Dan yang terakhir adalah Psikotes. Waktu tes sebelumnya, walau aku merasa kurang maksimal, tapi aku yakin aku akan lolos, tapi entah kenapa tes pada Psikotes ini ada banyak hal yang membuat aku ragu. Sesaat setelah tes, aku merasa sepertinya aku ga lolos, karena kebanyakan yang lolos psikotes adalah karakter yang dibutuhkan perusahaan. Dan aku ga percaya pada diri aku sendiri bahwa karakterku sesuai dengan yang dibutuhkan. Seminggu berlalu dan yang ada di pikiran aku itu ga lolos. Dan......hari ini apa yang aku pikirkan terjadi. Yup...aku ga lolos.


Pelajaran yang bisa diambil,..apapun yang kita lakukan, selain usaha semaksimal mungkin, harus pula diikuti dengan keyakinan yang kuat dan perkataan yang positif yang keluar dari mulut kita. Dengan sepeerti itu maka alam dan Allah akan mewujudkannya. Beda dengan yang belum apa-apa sudah negatif dulu. Maka itulah hasil yang akan didapat....Karena pikiran dan perkataan pada dasarnya adalah DOA...iya....DOA. So......mulai sekarang, jangan pernah negatif thinking sebelum tau hasilnya. Positif dulu saja. Entah yang dihasilkan itu sesuai atau tidak dengan yang kita harapkan, apa salahnya POSITIF. betul???? 

BE POSITIVE :)


3 komentar:

  1. yang mau komentar silahkan...bisa jadi forum diskusi,,,:)

    BalasHapus
  2. haha.. Nice post.. Mungkin saya bisa tambahkan 2 hal yang menurut saya bisa bikin seseorang itu lebih beruntung dan bisa meningkatkan kekuatan pikirannya..
    pertama sedekah, percaya g percaya, sedekah itu bs memperlancar hajat dan mengayakan.. ketika sedekah sebaiknya diniatkan untuk hal yg diinginkan, maksudnya g cuman ikhlas, tp sekalian minta sama Allah agar apa yang qta pengen itu terwujud.. Gak ada salahnya ko, malah dapat 2 kebajikan, ikhlas dan doa.. Hehe
    Yg kedua adalah berbuat baik.. Nah yg saya maksud berbuat baik disini adalah berbuat baik pada seseorang, pada alam, pada lingkungan, semua deh.. Wakakaka.. Jadi gini, konsepnya simpel, ketika qta berbuat baik, maka yg akan qta dapat jg kebaikan buat diri qta sendiri, begitu juga sebaliknya.. #jleb hwahaha..
    nah saya ambil contoh, ketika qta menolong seseorang, pasti orang itu ngedoain qta, doa apa aja, yg pasti bakal berguna buat qta buat masa skrg atau yg akan datang.. g berhenti sampe dsitu, kebaikan ini jg bakal mempengaruhi mindset qta, yapz! Positive thinking.. :)
    yah its so simple kan, tp banyak orang yang seringkali menyepelekan sedekah dan berbuat baik dengan sesama, padahal itu amazing! berdoa adalah usaha yg paling mudah dan ampuh, apalagi didoain sama orang'' yg doanya diijabah sama Allah (anak yatim, etc)..
    huaaah.. Capek jg cuap-cuap disini.. Yaudah, semoga bermanfaat.. :D

    BalasHapus
  3. ciyehhh sekali sekali nulis di blg saya ya...

    BalasHapus